World Wide Web


Pemrogaman WEB dengan HTML, World Wide Web, Sekilas tentang WORLD WIDE WEB, Bagaimana WWW bekerja, Browser Web, Bagaimana browser mengambil page, Bagaimana Browser Menampilkan Page, Server Web, Istilah-istilah yang Harus Diketahui


Sekilas tentang WORLD WIDE WEB

World Wide Web (WWW), lebih dikenal dengan web, merupakan salah satu layanan yang didapat oleh pemakai komputer yang trehubung ke internet.

Web pada awalnya adalah ruang informasi dalam internet, dengan menggunakan teknologi hypertext, pemakai dituntun untuk menemukan informasi dengan mengikuti link yang
disediakan dalam dokumen web yang ditampilkan dalam broser web.

Kini internet identik dengan web, karena kepopuleran web sebagai standar interface pada layanan-layanan yang ada di internet,
dari awalnya sebagai penyedia informasi kini digunakan juga untuk komunikasi dari email sampai dengan chatting, sampai dengan melakukan transaksi bisnis (commerce).

Kini web seakan lebih populer dari pada email, walaupun secara statistik email masih merupakan aplikasi terbanyak yang digunakan oleh pengguna internet.
Web lebih populer bagi khalayak umum dan pemula, terutama untuk tujuan pencarian informasi dan melakukan komunikasi e-mailyang menggunakan web sebagai interfacenya.

Internet identik dengan Web, karena popularitasnya sebagai penyedia informasi dan interface yang dibutuhkan oleh pengguna internet dari masalah informasi sampai dengan komunikasi.
Informasi produk dari yang serius sampai dengan yang komersial, semuanya ada.

Web memudahkan pengguna komputer untuk berinteraksi dengan pelaku internet lainnya dan menelusuri (informasi) di internet.

Selain itu web telah diadopsi oleh perusahaan sebagai sebagaian dari strategi teknologi informasinya, kerena beberapa alasan,

  • Akses informasi mudah
  • Setup server lebih mudah
  • Informasi lebih mudah didistribusikan, dan
  • Bebas platform; informasi dapar disajikan oleh browser web pada system operasi mana saja karena adanya syandar dokumen berbagai tipe data dapat disajikan.

Bagaimana WWW bekerja

  • Informasi web disimpan dalam dokumen yang disebut dengan halaman-halaman web ( web page )
  • Web Page adalah file-file yang disimpan dalam computer yang disebut dengan server-server web ( web server )
  • Komputer-komputer membaca web page disebuit dengan web client
  • Web client menempilkan page dengan menggunakan program yang disebut dengan browser web ( web browser )
  • Browser web yang popular adalah Internet Explorer dan Netscape Navigator

Browser Web

Browser web adalah software yang digunakan untuk menampilkan informasi dari server web. Software ini telah dikembangkan dengan menggunakan user interface gratis, sehingga pemakai dapat dengan melakukan ‘point dan click’ untuk pindah antar dokumen.

Link adalah browser web yang masih menggunakan mode text, yang akibatnya adalah tidak ada gambar yang dapat ditampilkan. Link ini ada pada lingkungan DOS dan *nix ( keluarga system operasi unix ). Akan tetapi perkembangan dari browser mode text ini tidaklah secepat browser web dengan GUI.

Dapat dikatakan saat ini hanya ada 2 browser web GUI yang popular: Internet Explorer dan Netscape Navigator. Kedua browser ini bersaing untuk merebut pemakainya, dengan berusaha untuk mendekati standar spesifikasi dokumen HTML  yang direkomendasikan oleh W3C

Bagaimana browser mengambil page
Suatu browser browser mengambil sebuah web page dari server dengan sebuah request. Sebuah request adalah sebuah request HTTP standar yang berisi sebuah page address. Sebuah page address terlihat seperti berikut : http://wongbanaran.blogspot.com/2012/10/html-dinamik.html

Bagaimana browser menampilkan page
Seluruh web page berisi instruksi-instruksi bagaimana untuk ditampilkan. Browser menampilkan page dengan membaca instruksi-instruksi ini. Instruksi yang paling umum untuk menampilkan disebut dengan tag HTML. Tag HTML contohnya adalah seperti berikut: <p>Ini Adalah paragraph</p>

Server Web
Server web adalah computer yang digunakan untuk menyimpan dokumen-dokumen web, computer ini akan melayani permintaan dokumen web dari kliennya.

Browser web seperti Explorer atau Navigator berkomunikasi melalui jaringan ( tyermasuk jaringan internet ) dengan server web, menggunakan HTTP. Browser akan mengirimkan request kepada server untuk meminta dokumen tertentu atau layanan lain yang disediakan oleh server. Server memberikan dokumen atau layanannya jika tersedia juga dengan menggunakan protocol HTTP.

Istilah-istilah yang harus diketahui
Berikut ini adalah penjelasan tentang istilah WWW, Web, HTML, URL, surfing dan surfer.
WWW : World Wide Web; lebih dikenal dengan web, awalnya merupakan suatu layanan penyajian informasi di internet dengan menggunakan HTML. Web identik dengan internet, karena kepopulerannya saat ini, web sudah menjadi interface aplikasi untuk melakukan transaksi dan sajian untuk informasi yang lengkap dari seluruh dunia.
Web; World Wide Web


Protokol; secara definisi adalah standar pemrosesan informasi yang diterima secaara umum. Protocol TCP/IP merupakan protocol yang digunakan dalan komunikasi dalam internet.

URL; Universal Resource Locator; URL adalah konsep nama file standar yang diperluas dengan jaringannya.

 Nama file ini tidak hanya menunjukkan direktori dan nama filenya, akan tetapi juga nama mesinnya dalam jaringan. URL dapat disediakan ( ada atau diakses) dengan berbagai metode, dan bias jadi bukan sekedar file, karena URL dapat menunjukkan query-query, dokumen yang disimpan dalam database, hasil dari suatu perintah finger atau archie, atau apapun yang berkaitan dengan data hasil proses.

Macam-macam URL sesuai konteksnya:
URL file; Misal ada sebuah dokumen dengan nama “contoh.txt”, file ini ada pada server ftp yang dinamai ftp.google.com yang dapat diakses oleh pemakai anonymous, terletak didalam direktori “/pub/files”. Maka URL file ini adalah :
file://ftp.google.com/pub/files/contoh.txt. direktori paling atas ( top level ) dari file ini adalah file://ftp.google.com/. Direktori “pub” dari server ftp ini dengan mudah adalah: file//ftp.google.com/pub.
URL Gopher; sedikit lebih rumit dari URL file, karena server gopher sedikit lebih ‘tricky’ untuk diakses dari pada server FTP. Untuk menguinjungi suatu server gopher ( missal, server gopher pada gopher.google.com) kunjungi url ini: gopher://gopher.yoyodyne.com beberapa server gopher dapat berada pada port jaringan yang tidak umum pada mesin host. ( Nomor Port Gopher default adalah 70), jika kita mengetahui server gopher pada mesin gopher.google.com ada pada port 1234 bukan pada port 70, maka URLnya adalah gopher://gopher.google.com:1234/.
URL News; Untuk menunjuk suatu newsgroup Usenet (misalnya “soc.culture.indonesia”). Url secara mudah ditulis news:soc.culture.indonesia. Tidak semua aplikasi klien (aplikasi pada sisi pemakai) mengijinkan URL server news secara normal (seperti news://news.piksi.itb.ac.id/soc.culture.indonesia), contoh aplikasi klien ini adalah NCSA Mozaic.
URL HTTP; HTTP kependekan dari Hyper Text Transfer Protokol. Server HTTP umunya digunakan untuk melayani dokumen hypertext, karena HTTP adalah protocol dengan overhead yang sangat rendah, sehingga pada kenyataan navigasi informasi dapat ditambahkan langsung ke dalam dokumen dan dengan demikian protokolnya sendiri tidak harus mendukung navigasi secara penuh seperti halnya protocol FTP dan Gopher lakukan. Sebuah file dengan nama “contoh.html” pada server www.google.com  dalam ddirektori “/pub/files” maka URLnya http://www.google/pub/files/contoh.html.
Nomor port jaringan http default adalah 80, jika suatu server HTTP berada pada jaringan yang berbeda, misal pada port 1234 maka URL menjadi http://www.google.com:1234/pub/files/contoh.html
URL Partial; setelah menampilkan suatu dokumen dari suatu server pada jaringan (misalnya http://www.google.com/pub/files/contoh.html), kita kita dapat menggunakan sebagian (partial) atau relative URL untuk menunjuk file yang berada pada direktori yang sama yang dilayani dengan software yang sama. Sebagai contoh, jika ada file lain yang berada pada direktori yang sama contoh.html misalnya bernama contohlain.html maka contohlain.html merupakan URL relative yang valid pada titik tersebut. Hal ini memudahkan untuk membuat himpunan dokumen hypertext. Jika satu himpunan hypertext disimpan pada satu direktori umum, maka file-file tersebut bias saling mengacu satu sama lain (di-hypertext-kan) dengan hanya menulus nama filenya – pembaca dapat memperoleh dokumen, dengan loncatan menuju dokumen lainnya pada direktori yang saka hanya dengan URL partial. Informasi lainnya (metode akses, nama host, nomor port, nama direktori) dapat diasumsikan dengan menggunakan informasi dari URL yang digunakan untuk mendapatkan dokumen yang pertama.
Surfing; Kegiatan menelusuri dan mencari informasi dalam Internet melalui layanan informasi web
Surfer; Pemakai computer yang melakukan Surfing